fbpx
sumber hasil mining didapat

Darimana sumber hasil mining (menambang) cryptocurrency didapat

Ilustrasi sederhana

Ilustrasi dari pertanyaan diatas adalah warga menjual berlian dari hasil menambang di gunung, jual beli nya sah. Sama seperti penambang menjual cryptocurrency hasil menambang di blockchain, jual belinya juga sah. Jika ada yang nanya blockchain itu yang menciptakan siapa? Tanya juga yang menciptakan gunung siapa ?

Logika kita yang memberi hasil tambang crypto adalah ada seseorang yang memberi modal sebagai upah penanganan transaksi. Jadi Pemberi modal itu memberikan coin secara cuma-cuma untuk penambang.

Opini tersebut salah kaprah. Cryptocurrency itu sebenarnya lebih sesuai jika disebut aset digital karena dari awal pembuatannya jumlah maksimal koin yang beredar sudah ditentukan.

Saran untuk anda yang ingin memutuskan untuk jual – beli crypto sebaiknya pertimbangkan secara ekstra. Perdagangan crypto memiliki resiko yang tinggi karena harga yang sangat fluktuatif, yakni harga bisa turun atau naik secara drastis dari waktu ke waktu.

Dengan jumlah cryptocurrency yang terbatas maka harga jual akan meningkat sebab prinsip kelangkaan berlaku, yakni permintaan lebih tinggi daripada penawaran (demand<stock).

Kenapa harga cryptocurrency sangat fluktuatif?

bubble crypto floating

Naik turunnya harga crypto dipengaruhi berbagai faktor. Faktor faktor yang menyebabkan permintaan naik jika dilihat dari kasus nyata bitcoin menyentuh lonjakan drastis adalah ketika pemerintah jepang menerapkan peraturan terkait penggunaan crypto sebagai alat jual beli yang sah.

Regulasi tersebut menyebabkan permintaan yg tinggi sehingga terjadi lonjakan harga yang signifikan. Namun tidak lama harga merosot cukup drastis, para pengamat ekonom menyebut ini sebagai fenomena bubble.

Meskipun begitu, cryptocurrency saat ini masih mencari harga yang layak. Sampai keseimbangan pasar terjadi alias permintaan dan penawaran bertemu di titik yang sama.

Banyak yang melihat lonjakan harga bitcoin, lalu beramai-ramai melakukan pembelian masal alih-alih bertindak sebagai spekulan dengan harapan harga jual naik di pasaran. Alhasil, ternyata harga beli merosot tajam tidak lama setelah harga jual menyentuh Rp 200juta per 1 bitcoin.

Fenomena ini disebut bubble. Ini sangat wajar terjadi ditengah ramainya trading cryptocurrency. Banyak newbie yang terjebak dengan fenomena ini, dan akhirnya mengalami kerugian karena fluktuasi harga merosot jauh dari perkiraan mereka.

Mungkin ini bisa menjadi trauma, kekecewaan, sekaligus pembelajaran bagi trader crypto.

Tapi ditengah kekecewaan itu sebenarnya hal ini sudah diantisipasi oleh sistem EDCCASH, dimana harga jual dan beli memiliki fix rate. Sehingga penjualan koin yang dimiliki setiap miner tidak mengalami lonjakan harga . Semua diperdagangkan didalam komunitas.

sumber hasil mining edccash

Sistem cerdas dari dompet EDC Blockchain yang dikemas oleh EDCCASH juga mengantisipasi adanya pemain/oknum yang ingin mempengaruhi konsensus dari komunitas EDCCASH.

Baca : Apa itu EDCCASH?

Baca juga : Perbedaan EDCCASH dan EDC Blockchain

Ini akan menjaga ekosistem tetap aman dan lebih banyak diminati karena terbebas dari floating rate, dan setiap member bisa memilih untuk menjual koinnya agar bisa melakukan trading secara langsung di market atau menyerahkan sepenuhnya kepada masternode.

Tidak ada yang dirugikan, justru satu sama lain akan saling diuntungkan.

Sebenarnya floating rate ini tetap dialami namun bukan oleh member EDCCASH tetapi masternode dan tim stakeholder dalam eksekusinya di market global bekerja dengan analisanya pada trading EDC Blockchain. Tentu ini ada plus minusnya yang akan dibahas di artikel lain.

Note : sistem dari EDC Blockchain adalah setiap node/pemilik koin bisa me-leasing-kan koinnya ke masternode yang ditunjuk untuk melakukan aktivitas penambangan.

Ramalan masa depan cryptocurrency di dunia

future crypto

Masih banyak yang menaruh harapan di cryptocurrency terbukti dengan meningkatnya pengguna sejak tahun 2009 dan terus bertambah setiap waktunya.

Tak jarang sebagian orang menginvestasikan dananya untuk bisa terlibat dalam node blockchain, tujuannya untuk mendapatkan hasil mining dan koinnya dijual ke pasar. Meskipun begitu sistem LPoW yang dipakai dalam bitcoin mengeluarkan biaya dan daya listrik yang tidak sedikit, sehingga semakin cepat mesin bekerja mengolah algoritma maka dia lah yang menerima hasil mining.

Blockchain menjadi teknologi transaksi paling mutakhir saat ini. Bisa melalukan transaksi secara cepat dan anonymous. Sistem desentralisasi nya membuat keamanan jauh lebih tinggi dibanding hanya di kontrol dari satu pusat (sentralisasi). Ini memperkecil kemungkinan terjadinya pencurian/peretasan.

Apakah kita bisa menentukan harga jual crypto ke market?

sumber hasil mining crypto

Bisa, koin hasil menambang bisa dijual ke market dengan harga yang kita tetapkan. Tentunya dengan kesigapan ekstra jika kita ingin memanfaatkan momentum lonjakan harga beli karena naik turunnya harga terjadi di waktu yang relatif singkat.

Kalau gitu koin hasil menambang bisa saya jual 2x lipat dari harga beli dong? Jawabnya sangat bisa. Bahkan ratusan kali lebih tinggi dari harga jual di awal kamu beli.

Akan tetapi jika kamu butuh dana cepat, jangan pasang harga yang terlalu tinggi karena bisa terjual berbulan-bulan kemudian. Kok gitu?

Jika pada saat yang sama penawaran di harga, misalnya harga jual 1juta rupiah untuk 1 bitcoin dan kamu ingin menjual di angka 2juta rupiah untuk 1 bitcoinnya maka pembeli tidak akan membeli koin yang kamu jual sebab masih ada penjual yang menjual dengan harga lebih murah.

Artinya jumlah permintaan masih lebih sedikit dari jumlah penawaran. Harga jual kamu bisa deal terjual ketika tidak ada lagi yang menjual bitcoin dengan harga lebih murah dari angka 2juta/bitcoin. Hal itu sangat mungkin terjadi.

Penjelasan harga bitcoin menyentuh Rp 200 juta per koinnya

Pemikiran awam menganggap bahwa seluruh koin yang di transaksikan di hari itu dibeli di harga Rp 200juta padahal nyatanya tidak.

Hanya sebagian saja bitcoin yang terjual dalam harga tersebut. Bukan seluruh sirkulasi transaksi bitcoin hari itu terjual dengan harga 200juta .

Sistem coinmarketcap hanya mencatat harga jual tertinggi saat itu meskipun hanya beberapa koin saja yang terjual dengan harga tinggi di satu waktu.

Sebaiknya mencoba cryptocurrency atau tidak?

Perdagangan aset digital merupakan aktivitas beresiko. Harga aset di market global sangat fluktuatif, dimana harga dapat berubah secara signifikan dari waktu ke waktu. Kebijakan yang dibuat di edccash menyesuaikan dengan sistem developer dari edc blockchain.

Harap menggunakan pertimbangan ekstra dalam membuat keputusan untuk membeli atau menjual aset digital. EDCCASH tidak memaksa pengguna untuk membeli atau menjual aset digital sebagai investasi atau aksi mencari keuntungan pasti. Semua keputusan perdagangan aset digital merupakan keputusan independen oleh pengguna.

Bagi yang tertarik dengan apa itu EDCCASH, silahkan klik tombol whatsapp dibawah ini :

Chat Admin Whatsapp

Klik Disini ×

Sudah member

Sudah member (wajib diisi)
Share on whatsapp
Whatsapp
Share on telegram
Telegram
Share on facebook
Facebook
Share on email
Email

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Scroll to Top